BERITA Balitek DAS

Ketua PSBA: Kalau Tidak Berubah, Maka Akan Tertinggal

(solo, November 2018)_Perkembangan teknologi telah mengubah kondisi dan kebutuhan yang diharapkan pengguna. Saat ini, pengguna ingin sesuatu yang cepat dan tepat guna. Oleh karena itu, kita juga harus berubah dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna. Kalau kita tidak berubah, maka kita akan tertinggal.

Hal ini diungkapkan oleh Dr. Djati Mardiatno, Kepala Pusat Studi Bencana (PSBA), pada saat menjadi narasumber pada acara Focus Group Discussion (FGD) Bisnis Plan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kantor Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS) Solo, Jum'at (30/11).

"Tanggung jawab peneliti ada dua yaitu pertama scientific responsibility seperti publikasi dan jurnal, dan kedua adalah sociality responsibility.... Selengkapnya



Kembangkan Pengetahuan Masyarakat, untuk Bangun Sistem Deteksi Dini Bencana

(Yogyakarta, November 2018)_Masyarakat mempunyai peranan penting dalam proses mitigasi bencana. Umumnya masyarakat mempunyai pengetahuan dan pengalaman sendiri dalam menghadapi bencana yang terjadi. Pengetahuan dan pengalaman masyarakat ini perlu dikelola dan dikembangkan sehingga bisa dijadikan alat untuk membangun suatu sistem peringatan dini dalam menghadapi bencana.

Hal ini diungkapkan oleh Dr. Irfan B. Pramono, Peneliti Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAs) Solo saat menjadi keynote speaker dalam acara Joint International Conference (JIC) on Hydro-Meteorological Disaster Mitigation Under Global Change di Auditorium Merapi Fakultas Geografi, Kamis (29/11).

"Berdasarkan data dari EM-DAT (Centre for Research on the Epidemiology of Disaster Emergency Events Database) tahun 1970 - 2015..... Selengkapnya



4 UPT BLI bersama KLMB Sukses Gelar Konferensi Internasional

(Surakarta, November 2018)_Terbatasnya anggaran bukan halangan bagi Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS), Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH), Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), serta Balai Litbang Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu (BP2THHBK) untuk menyelenggarakan konferensi internasional. Keempat Unit Pelaksana Teknis (UPT), Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Keh tanan (KLHK) ini menggandeng Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana (KLMB), Universitas Gajah Mada (UGM) telah berhasil menyelenggarakan Joint International Conference (JIC).

Kegiatan yang bertemakan Hydro-Meteorological Disaster Mitigation Under Global Change (Mitigasi Bencana Hidrometeorologi akibat Perubahan Iklim (PI) dilaksanakan di Auditorium Merapi dan Gedung KLMB Fakultas Geografi UGM - Yogyakarta pada tanggal 29 November 2018. Kegiatan ini ...... Selengkapnya



Refleksi Pengelolaan DAS di Indonesia

(Surakarta, November 2018)_Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Indonesia diakui masih banyak terdapat permasalahan. Oleh karena itu perlu pembuatan rencana kerja/ platform pengelolaan DAS yang tepat. Tetapi dalam penyusunan platform tersebut tidak perlu seragam, karena setiap DAS mempunyai kekhususan masing-masing (karakteristik yang berbeda-beda-red).

Hal ini diungkapkan oleh kata Dr. Hadi Pasaribu, Mantan Kepala Badan Litbang, Kementerian Kehutanan yang sekarang bekerja di Forest for Life Indonesia pada acara Focus Group Discussion (FGD) "Basis Data Produk Unggulan dan Refleksi DAS: Konsep, Praktik, dan Kebijakan" di Kantor Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS), Kamis (22/11).

"Sains memegang peranan penting dalam memberikan landasan tata kelola DAS ..Lebih lanjut, Hadi menyatakan bahwa persoalan DAS di Indonesia merupakan isu yang longer atau panjang Intensitas persoalan DAS semakin meningkat dengan adanya peningkatan degradasi DAS yang disebabkan oleh... Selengkapnya










Penelitian Terbaru (2018)

[Arsip]
Arsip Penelitian »

PUBLIKASI

FILM

Berita Terkini