BERITA Balitek DAS

SKP menjadi Acuan Penilaian Kinerja Jabatan Fungsional Peneliti

(Solo, 15/10)_"Penilaian kinerja jabatan fungsional peneliti berdasar target kerja tahunan yang tertuang pada SKP (Sasaran Kinerja Pegawai -red). Dahulu setiap 4 tahunan, sekarang angka kredit per tahun dengan banyak item dan tidak ada penurunan nilai,"kata Prof. Ris. Dr. Ir. Pratiwi, M.Sc., Peneliti Puslitbang Hutan (P3H) saat mensosialisasikan Peraturan Menteri Perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Permenpan RB RI) Nomor 34 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Peneliti di Kantor Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) di Solo, Jum'at (5/10).

Pratiwi menyatakan Permenpan RB RI No 34 tahun 2018 mengubah secara mendasar dalam proses penilaian angka kredit (AK) Jabatan Fungsional Peneliti yang sebelumnya diatur dalam Perka LIPI No.2 Tahun 2014. Dengan berlakunya peraturan tersebut.... Selengkapnya



Pasca Gempa, Banjir Bandang Mengancam Lombok

(Balitek DAS, 05/10)_Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) mengimbau agar masyarakat di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap waspada. Akibat terjadinya gempa bumi pada bulan Agustus 2018, bencana banjir bandang masih mengancam. Berdasar hasil identifikasi Peneliti Balitek DAS, Dr. Endang Savitri, Lebih dari 60% wilayah Pulau Lombok berpotensi banjir bandang.

"Daerah yang sangat rentan banjir bandang adalah di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah dengan proporsi sebesar 13% dan 9,6% dari Seluruh Pulau Lombok. Sedangkan daerah yang rentan terjadi di Kabupaten Lombok BArat dengan Proporsi 26,1% dan 20% ada di Kabupaten Lombok Timur,"kata Endang pada acara konferensi pers "Kerentanan Kekeringan di Wonogiri dan Antisipasi Banjir Bandang di Pulau Lombok", di Kantor Balitek DAS Solo, Kamis (27/10).

"Sedangkan wilayah yang aman banjir bandang sangat sedikit atau hanya sebesar 2,4%. Ini ada di beberapa wilayah..... Selengkapnya



Tujuh Puluh Lima Persen Wilayah Wonogiri Sangat Rentan Kekeringan

(Balitek DAS, 04/01)_Bencana kekeringan di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah bukanlah hal yang baru. Berdasarkan hasil analisis dari Peneliti Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS), Dr. Irfan. B Pramono menyebutkan bahwa hampir 75% (tujuh puluh lima persen) wilayah wonogiri berada dalam kondisi yang sangat rentan kekeringan. Hal ini dikemukakannya pada acara Konferensi Pers "Kerentanan Kekeringan di Wonogiri dan Antisipasi Banjir Bandang di Pulau Lombok" di Kantor Balitek DAS Solo, Kamis (27/09).

"Kami mempunyai data persentase kekeringan di Wonogiri sampai tingkat desa. Persentase yang sangat rentan kekeringan atau warna merah sebesar 75% di Kecamatan Selatan. Sedangkan yang paling aman di wilayah utara ke timur,"kata Irfan sambil menunjukkan peta kekeringan di Wonogiri hasil analisisnya.

Menurutnya, penyebab kekeringan di Wonogiri disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain curah hujan yang minim akibat perubahan iklim, berkurangnya kapasitas infiltrasi, pola tanam yang tidak sesuai.... Selengkapnya



Sebarkan Iptek ke Pengguna, Balitek DAS Adakan Konferensi Pers

(Balitek DAS, 01/10)_Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) Solo selalu berupaya untuk menyebarkan Iptek hasil litbangnya ke berbagai pengguna sehingga hasilnya bisa termanfaatkan. Untuk menjangkau pengguna dari berbagai kelompok di Wilayah Surakarta dan sekitarnya, Balitek DAS merangkul media dengan mengadakan konferensi pers di Kantor Balitek DAS Solo, Kamis (27/09).

Adapun Iptek hasil litbang yang didesiminasikan pada kesempatan tersebut ada 2 (dua), yaitu kerentanan kekeringan di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng) dan Antisipasi Banjir Bandang di Pulau Lombok. Kedua materi tersebut dipresentasikan oleh peneliti Balitek DAS, yaitu Dr. Irfan B. Pramono, dan Dr. Endang Savitri.

""Kedua tema tersebut relevan dengan kondisi saat ini. Dimana saat ini, di Wonogiri masih mengalami kekeringan, meskipun saat ini sudah masuk musim penghujan. Salah satu faktornya adalah..... Selengkapnya








Penelitian Terbaru (2018)

[Arsip]
Arsip Penelitian »

PUBLIKASI

FILM

Berita Terkini