Tingkatkan Kualitas Kegiatan Litbang, Balitek DAS Undang Dua Pembahas Luar

(solo, Desember 2018)_Untuk mengevaluasi kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang), Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) rutin melaksanakan pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg) tiap tahun. Begitu juga tahun ini. Namun, pada tahun ini, Balitek DAS mengundang dua narasumber/ pembahas dari luar, yaitu Dr. Prabang Setyono, M.Si, Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Aditya Saputra, M.Sc.,Ph.D, Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

"Tahun ini, kita undang dua reviewer dari luar untuk memberikan saran, kritikan dan masukan terkait kegiatan litbang di kita. Harapannya bisa meningkatkan kualitas dan kemajuan kegiatan Balitek DAS,"kata Dr. Nur Sumedi, Kepala Balitek DAS saat memberikan arahan dan sambutan dalam pembahasan LHPt dan LHPg, Senin (17/12).

Kegiatan pembahasan LHPt dan LHPg tersebut dilaksanakan selama dua hari, Senin - Selasa (17-18/12). Dalam kegiatan tersebut telah dibahas 5 (lima) kegiatan penelitian dan 3 (tiga) kegiatan pengembangan. Adapun judul-judul kegiatan penelitian tersebut adalah 1. Potensi Air pada Berbagai Jenis dan Persentase Penutupan Hutan dan Lahan untuk Mendukung Ketersediaan Air Baku oleh Dr. Tyas M. Basuki, M.Sc dan tim ; 2). Tata Kelola Pemulihan Fungsi Sempadan Danau Rawapening untuk Mengurangi Eutrofikasi dan Sedimentasi oleh Faiqotul Falah, S.Hut., M.Sc dan tim;; 4). Evaluasi Metode Kinerja DAS untuk Mendukung Monev DAS Siak oleh Dr. Nining Wahyuningrum, M.Sc dan tim; 5). Perencanaan Pengelolaan DTA DAS Roten Ndao oleh Drs. Rahardyan N.A., M.Sc dan tim; 6). Teknik KTA untuk Mitigasi Bencana Tanah Longsor oleh Pranatasari D. S, S.P., M.Si dan tim.

Sedangkan 3 (tiga) kegiatan pegembangan, yaitu: 1). Development Participatory Management of Micro Cathment at The Bengawan Solo Upper Watershed oleh Dr. Agung B. Supangat, S.Hut., MT dan tim; 2). Restorasi DAS Serayu Hulu Berbasis Desa Mandiri yang Lestari melalui Pengembangan Agroforestry dan Rehabilitasi Hutan Pegunungan oleh Nunung P.Nugroho, S.Hut, M.Sc, Ph.D dan tim, serta 3). Teknik dan Kelembagaan Konservasi Air di Wilayah Kering oleh Ir. Purwanto, M.Si dan tim.

Selain melaksanakan kegiatan rutin pembahasan LHPt dan LHPg, Balitek DAS juga rutin melaksanakan pembahasan Laporan Pelaksana Kegiatan (LPK). Pada tahun ini, kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, pada Hari Selasa (04/12). Tujuan dari pembahasan LPK adalah mengevaluasi kegiatan yang mendukung kegiatan litbang sehingga dapat mencapai target yang diharapkan. Adapun kegiatan tersebut adalaha perencanaan program anggaran, kerjasama, pemantauan dan evaluasi, pengelolaan data dan informasi statistik, perpustakaan, publikasi, pemasyrakatan hasil litbang, sistem akuntansi keuangan, sistem akuntansi barang milik negara, persuratan, SPIP, kepegawaian, serta KHDTK.