Implementasikan ZFRA, YMCI audiensi ke Balitek DAS

(Solo, Juni 2019)_Dalam rangka mengimplementasilkan program Zurich Flood Resilence Alliance (ZFRA), tiga orang perwakilan Yayasan Mercy Corps Indonesia (YMCI) datang untuk berkoordinasi dan berdiskusi dengan Beberapa Tim Peneliti Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) di Solo, Kamis (27/06). Ketiga orang tersebut adalah Denia Aulia Syam, Arif Ganda Purnomo, serta Khair Ranggi.

"Kami merupakan yayasan nasional yang banyak membantu dalam isu kemanusian serta meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat. Program kami membantu masyarakat di Indonesia dengan alat dan dukungan yang tersedia di masyarakat lokal,"kata Denia Aulia Syam, saat mengawali pembicaraan.

"Salah satu program kami, yaitu ZFRA yang merupakan program untuk membantu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir. Program ini akan berjalan selama dua tahun. Dan tahun ini, kami menginisiasi wilayah Pekalongan. Kami saat ini memetakan informasi. Informasi tidak cukup apabila hanya diperoleh dari desk study, sehingga diperlukan diskusi dengan berbagai pihak,"tambah Denia.

Lebih lanjut, Denia menjelaskan Balitek DAS Solo merupakan salah satu pihak yang tepat untuk diajak berkoordinasi Balitek DAS Solo mempunyai tupoksi untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan pada aspek DAS. Selain itu, Balitek DAS juga terlibat dalam penyusunan rencana pengelolaan DAS terpadu di Jateng.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh Gunawan Hadi Rahmanto, Kepala Balitek DAS Solo yang didampingi oleh 4 (empat) peneliti Balitek DAS Solo (Irfan Budi Pramono, >Endang Savitri, Pamungkas Buana Putra, dan Dewi Retna Indrawati), Slamet Edi Sumanto, Kepala Seksi Program dan Evaluasi, serta Salamah Retnowati, Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama. Gunawan menyatakan bahwa Balitek DAS Solo siap memberikan informasi yang dibutuhkan oleh YMCI.

Kegiatan pelatihan dan pengenalan bangunan kontan pengendali jurang dilaksanakan dalam satu hari dan diikuti oleh masyarakat pada Sub DAS Naruan di Desa Wonorejo dan Wonokeling Kabupaten Karanganyar dan Desa Bubakan Kabupaten Wonogiri. Materi dalam kegiatan tersebut diberikan dalam bentuk teori dan praktek yang diberikan oleh Tim Peneliti dan teknisi Balitek DAS yang tergabung dalam proyek APFnet.

Pada kesempatan tersebut, Irfan mempresentasikan DAS Kupang, yang merupakan salah satu DAS yang mengalir ke Wilayah Pekalongan. Kegiatan dilanjutkan diskusi bersama antara YMCI dan Balitek DAS Solo. ***SR.