Sinergisitas Litbang untuk Hilirisasi Tahun 2019

(Solo, Juli 2019)_Pada tahun ini, Badan Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) Solo akan menghasilkan empat produk hasil litbang yaitu sintesis Rencana Penelitian dan Pengembangan Integratif (RPPI) 2 Konservasi Sumber Daya air, Sintesis RPPI Pengembangan 6 Integrasi Pengelolaan DAS, Bunga Rampai Pengelolaan Sumber Daya Air, serta Bunga Rampai Integrasi Pengelolaan DAS dalam Mendukung Mitigasi Bencana Hidrometeorologi. Keempat produk tersebut merupakan output akhir dari kegiatan penelitian dan pengembangan yang telak dilaksanakan selama lima tahun.

Untuk Mencapai target tersebut, Balitek DAS telah melaksanakan koordinasi dengan beberapa satuan Kerja (Satker) badan Litbang dan Inovasi (BLI) bergabung dalam RPPI 2 dan 6 selama dua hari, Senin-Selasa (8-9 Juli). Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh peneliti BPPTPDAS, perwakilan Puslitbang Hutan (P3H), perwakilan BLHK Makassar, dan BLHK Kupang.

"Kegiatan ini merupakan sinergisitas litbang untuk hilirisasi 2019 yang diimplementasikan dalam Sintesis dan bunga rampai dari RPPI 2 dan 6,"kata Dr. Hernawati, Kepala Bidang Program dan Evaluasi, P3H mewakili Kepala P3H saat memberikan arahan.

Hernita juga menyatakan bahwa dalam penyusunan sintesis dan bunga rampai tersebut seyogyanya ada benang merah yang bisa menyatukan hasil penelitian dari RPPI 2 dan hasil pengembangan dari RPPI 6. Sintesis RPPI sudah ada kesepakatan outletnya, biasanya merupakan laporan hasil penelitian yang sudah disetujui dan tinggal diperhalus. Sedangkan bunga rampai merupakan hasil analisis yang tidak bisa berdiri sendiri serta adanya penyamaan gaya bahasa agar seirima, terutama pada executive summary.

"Apabila dari berbagai kegiatan riset maupun pengembangan tersebut tidak ada benang merahnya maka seyogyanya dicari benang merahnya sehingga bisa menjadi satu sintesis atau bunga rampai yang terbaca jelas, utuh, terarah, serta memberikan masukan bagi KLHK, serta manfaat bagi masyarakat,"tegas Hernita.

Pada akhir acara, Hernita berharap bahwa sebelum melaksanakan kegiatan RPPI selama lima tahun, seharusnya dilakukan koordinasi awal untuk menentukan output akhir yang akan dicapai, sehingga kegiatan anakan dalam RPPI tersebut lebih terarah. Pada kesempatan tersebut, Hernita juga menyampaikan pesan Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) bahwa ke depan kegiatan litbang bisa menghasilkan inovasi atau terobosan baru bagi pengguna, terutama kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, Ir Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si., Kepala Balitek DAS Solo menyampaikan bahwa penyusunan sintesis ini merupakan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan selama lima tahun, dan fokus pada pengelolaan air. Gunawan berharap dalam pengelolaan air tersebut bisa memanajemen air sehingga cukup bukan kekurangan maupun melimpah. Ke depan, hasil litbang dalam RPPI yang dilaksanakan oleh BAlitek DAS bukan hanya pengelolaan air, tetapi juga mengarah ke hal yang lebih luas lagi atau mitigasi bencana.

"Kita perlu memikirkan ke depan sehingga arah dan tujuannya lebih bagus. Perlu dipikirkan kondisi dan posisi litbang serta hasil riset kita, inovasi atau terobosan baru apa yang perlu kita lakukan sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Tetapi juga harus memeperhatikan anggaran sehingga bisa terpenuhi dan terlaksana semua,"kata Gunawan.

"Gunawan menjelaskan bahwa inovasi dalam kegiatan litbang tidak hanya terbatas dalam paket teknologi, tetapi informasi ilmiah sebagai dasar dan masukan untuk kebijakan, maupun metode/ formula baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna lain juga merupakan inovasi. Selain itu, Gunawan juga berharap dalam kegiatan pengembangan, aspek atau analisis ekonomi juga harus dikaji sehingga dampak atau economic benefitnya terukur. ***