AT Mitigasi Banjir Bandang

A. Latar Belakang

Sebagai salah satu unit pelaksana teknis Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, (BPPTPDAS) mengemban tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang teknologi pengelolaan daerah aliran sungai dan peningkatan kualitas dan laboratorium lingkungan serta melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan yang menjadi kebutuhan daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan P.23/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Dalam melaksanakan tugasnya, BPPTPDAS menyelenggarakan fungsi pelaksanaan pelayanan data dan informasi serta ilmu pengetahuan dan teknologi, hasil-hasil penelitian di bidang teknologi pengelolaan daerah aliran sungai dan peningkatan kualitas dan laboratorium lingkungan.

Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan dinyatakan berhasil apabila dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna, baik oleh instansi terkait lainnya maupun masyarakat secara umum. Untuk itu maka dilakukan Kegiatan Pemasyarakatan Hasil Penelitian/ Diseminasi. Diseminasi adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.

Diseminasi juga merupakan penyebarluasan informasi kepada pihak yang berkepentingan (stakeholders), agar dapat dilakukan tindakan (action) secara tepat. Dalam kegiatan penelitian, diseminasi dapat dipandang sebagai sebuah proses mengkomunikasikan teknologi hasil penelitian menggunakan beberapa metode penyuluhan melalui media dan bersifat lebih luas dengan tujuan untuk mengubah perilaku sasaran. Diseminasi yang baik digambarkan meliputi pemberian dan penerimaan informasi atau pesan, keterlibatan individu dan pihak-pihak yang terkait dalam proses, serta transfer dari proses itu sendiri.

Salah satu kegiatan Pemasyarakatan Hasil Penelitian yang dilaksanakan oleh BPPTPDAS diwujudkan dalam bentuk Alih Teknologi “Mitigasi Banjir Bandang”. Melalui kegiatan Alih Teknologi “Mitigasi Banjir Bandang” diharapkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) penelitian yang telah dihasilkan BPPTPDAS dapat tersampaikan kepada pengguna sebagai upaya meningkatkan daya dukung DAS yang bermanfaat serta dapat membantu dalam kegiatan pembangunan kehutanan.

B. Tujuan, Sasaran Dan Luaran

Tujuan utama penyelenggaraan Alih Teknologi “Mitigasi Banjir Bandang” adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta dalam hal menyediakan informasi potensi, kerentanan dan penyusunan rencana tindak lanjut banjir (RTL) bencana banjir bandang.

Sasaran utama peserta AT adalah UPT BPDAS dan HL di daerah yang lokasinya berpotensi terjadi banjir bandang

    Dengan demikian luaran dari kegiatan alih teknologi ini adalah:
  1. Pengguna/peserta mendapatkan pemahaman, pengetahuan, dan ketrampilan dalam menyediakan informasi potensi, kerentanan dan penyusunan RTL bencana banjir bandang.
  2. Terjalinnya jejaring kerjasama dengan instansi BPDAS HL
  3. Tersebarluasnya hasil litbang teknologi pengelolaan DAS

C. Silabus Alih Teknologi "Mitigasi Banjir Bandang"

No Materi Pengajar Total JPL
1. Pendahuluan (pengertian banjir bandang, peraturan Dirjen tentang bantal, pengantar ke materi lahan, hidrologi, sosek) Drs. Irfan Budi Pramono, M.Sc 1
2. Rencana Tindak Lanjut, pengantar praktek Drs. Irfan Budi Pramono, M.Sc 1
3. Evaluasi Drs. Irfan Budi Pramono, M.Sc 2
4. Rencana Tindak Lanjut, pengantar praktek Dr. Endang Savitri, M.Sc. 2
5. Praktek mitigasi banjir bandang Dr. Endang Savitri, M.Sc. 4
6. Contoh kasus Dr. Endang Savitri, M.Sc. 1
7. Identifikasi parameter lahan (pengantar teori) Dr. Endang Savitri, M.Sc. 1
8. Scoring dan pembobotan SDL Wahyu Wisnu Wijaya, S.Hut. 1
9. Identifikasi parameter kelembagaan, sosial dan ekonomi Ir. Syahrul Donie, M.Si. 1
10. Scoring dan pembobotan, kerentanan, para pihak Faiqotul Falah, S.Hut., M.Si. 1
11. Re-Orientasi Pengelolaan DAS FDr. M. Saparis Sudaryanto 1
JUMLAH 16

Materi alih teknologi ini bisa diunduh disini.