Alih Teknologi Teknologi Pengelolaan DAS Untuk Mendukung Monev Kinerja DAS

A. Latar Belakang

Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah daerah yang dibatasi punggung-punggung gunung dimana air hujan yang jatuh pada daerah tersebut akan ditampung oleh punggung gunung tersebut dan dialirkan melalui sungai-sungai kecil ke sungai utama (Asdak, 1995). Secara ekosistem, DAS dibagi menjadi daerah hulu, tengah dan hilir yang satu dan lainnya saling berhubungan. Sebagai suatu sistem, DAS menjadi tempat berlangsungnya proses biofisik (pembangunan), hidrologis maupun kegiatan sosial-ekonomi dan budaya masyarakat dimana pemanfaatan lahan yang satu akan berpengaruh kepada pemanfaatan lahan lainnya dan kerusakan pada satu tempat akan berpengaruh pada tempat yang lain.

Pengelolaan DAS merupakan upaya manusia dalam mengatur hubungan timbal balik antara sumberdaya alam dengan manusia didalam suatu wilayah DAS dan segala aktifitasnya agar terwujud kelestarian dan keserasian ekosistem serta meningkatnya kemanfaatan sumberdaya alam bagi manusia dam makhluk hidup lainnya secara berkelanjutan.

Mengingat DAS memiliki keterbatasan kemampuan, maka setiap ketidaktepatan pemanfaatan lahan (terutama di hulu) akan berdampak negatif seperti banjir, kekeringan, erosi, sedimentasi dan lainnya (zhang,et.al., 2000) sehingga pengelolaan DAS perlu memperhatikan kemampuan atau daya dukung lahan baik fisik sosial maupun ekonomi.

Kapabilitas atau kemampuan daya dukung lahan , fisik dan sosek harus dianalisis dan dievaluasi secara cermat dan setiap daerah memiliki karakter/ ciri yang berbeda antara daerah satu dan daerah lainnya.

Penyelenggaraan Kegiatan Alih Teknologi : Teknologi Pengelolaan DAS Untuk Mendukung Monev Kinerja DAS merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kami sebagai lembaga litbang dalam menyediakan IPTEK pengelolaan DAS agar pemanfaatan sumber daya alam dapat dilakukan secara lestari, produktif, dan berkeadilan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

B. Tujuan, Sasaran Dan Luaran

Tujuan utama penyelenggaraan Alih Teknologi “Teknologi Pengelolaan DAS untuk Mendukung Monev Kinerja DAS” adalah untuk memasyarakatkan teknologi hasil penelitian BPTKPDAS di bidang monitoring dan evaluasi yang relevan dengan PP No. 61/Menhut-II/2014 tentang Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan DAS yang selanjutnya dapat diaplikasikan oleh pengguna di lapangan, serta memperluas jejaring kerja dengan semua pihak yang terkait di bidang pengelolaan DAS.

Sasaran dan luaran dari kegiatan alih teknologi adalah materi Monitoring dan Evaluasi Lahan seperti tertera dalam PP.61/Menhut-II/2014 tentang Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan DAS yang meliputi

  • aspek lahan terdiri-dari Lahan Kritis, Penutupan Vegetasi dan Indeks Erosi;
  • Aspek Tata Air terdiri-dari Koefisien Rezim Aliran (KRA), Koefisien Aliran Tahunan (KAT) dan Aspek Sosek terdiri-dari Tingkat Kesejahteraan Penduduk, Tekanan Penduduk dan Keberadaan dan Penegakan Aturan.