Publikasi Penelitian

Distribusi Spasial Nilai Ekonomi Hasil Air Dari Hutan Lindung Baturraden


Abstrak (Indonesia):
Salah satu fungsi hutan lindung adalah mengatur tata air. Air yang dihasilkan dari hutan lindung didistribusikan untuk berbagai kepentingan ekonomi. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi spasial nilai ekonomi air dari hutan lindung yang digunakan untuk PLN dan irigasi. Kajian ini dilakukan dengan mengumpulkan data hidrologi yang dicatat oleh PLN Ketenger, data debit air yang digunakan untuk menghasilkan listrik di pembangkit listrik Ketenger dan hasil survey input usaha dan produksi padi yang menggunakan air dari Sungai Banjaran. Hasil kajian adalah sebagai berikut: 1). Hasil air hutan lindung Baturraden yang mengalir ke Sungai Banjaran digunakan untuk pembangkit turbin PLTA Ketenger 3,24 m3/detik, kemudian buangan airnya digunakan untuk memasok air Dam Karangnangka, Dam Beji, dan Dam Bobosan, 3). Proporsi air yang digunakan untuk PLTA Ketenger yakni 100%, kemudian air yang sampai di Dam Karangnangka 57,86%, di Dam Beji 39,14%, dan Dam Bobosan 37,69%, 3). Nilai ekonomi air untuk : a). PLTA Ketenger sebesar Rp. 246.866.511,-/tahun, b). Irigasi Dam Karangnangka Rp. 1.432.993.162,-/tahun, c). Dam Beji Rp. 1.550.981.053,-/tahun, dan d). Dam Bobosan Rp. 560.070.988,-/tahun.
Abstract (English) :
-
Media Publikasi :
Prosiding Seminar Nasional Purwokerto
Penulis :
Purwanto, Ir., M.Si., Irfan Budi Pramono, Dr., Drs., M.Sc., S. Andy Cahyono, Dr., SP., M.Si., Agus Wuryanta, Drs., M.Sc.
Ukuran Berkas :
330.0 KB

Sebelum mengunduh file, silahkan mengisi formulir dibawah ini terlebih dahulu untuk keperluan dokumentasi. File tidak bisa diunduh dengan menggunakan Akselerator (IDM, FDM, DAP, dll). File hanya bisa diunduh dengan pengunduh bawaan dari browser. Apabila tidak bisa mengunduh silahkan email ke bpt.kpdas@gmail.com .









« kembali

Arsip Penelitian