Publikasi Penelitian

Pengembangan Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Petani Tepian Hutan Berbasis Perilaku Adaptif: Sebuah Analisis Sosio-Kultural


Abstrak (Indonesia):
Kita menghadapi beberapa masalah penting dan menarik tentang kerusakan hutan dan kemiskinan petani. Masalah ini menghasilkan persoalan yang lain seperti : kelangkaan sumberdaya dan tingkah laku merusak di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mencari : (1) Mengapa petani tidak bertingkah laku adaptif, (2) Alternatif formulasi model untuk mengembangkan kemampuan ekonomi petani berdasarkan tingkah laku adaptif, seperti : fungsi hak ulayat memudar, peran tokoh masyarakat pertama kali membuka hutan dalam menjaga kelestarian hutan terkikis, jumlah pendatang meningkat, intervensi pihak luar bersifat komersial, tuntutan ekonomi meningkat, dan respon serta akses terhadap pemberdayaan ekonomi rendah. Oleh karena itu sebuah alternative model, petani harus merubah diri mereka sendiri dari tingkah laku non adaptif ke tingkah laku adaptif. Kemampuan petani untuk mengidentifikasi permasalahan ekonomi mereka adalah hal yang paling penting untuk mencapai langkah pertama proses pemberdayaan. Model pemberdayaan ekonomi petani memiliki fungsi strategis untuk mencapai kesejahteraan sosial petani.
Abstract (English) :
-
Media Publikasi :
Prosiding Seminar Nasional Purwokerto
Penulis :
Imam Santoso
Ukuran Berkas :
108.3 KB

Sebelum mengunduh file, silahkan mengisi formulir dibawah ini terlebih dahulu untuk keperluan dokumentasi. File tidak bisa diunduh dengan menggunakan Akselerator (IDM, FDM, DAP, dll). File hanya bisa diunduh dengan pengunduh bawaan dari browser. Apabila tidak bisa mengunduh silahkan email ke bpt.kpdas@gmail.com .









« kembali

Arsip Penelitian