Publikasi Penelitian

Manusia dan Kebakaran Hutan


Abstrak (Indonesia):
Kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan yang rutin terjadi di Indonesia setiap tahunnya. Penyebab utama kebakaran hutan adalah faktor manusia dan hanya sebagian kecil yang disebabkan oleh kejadian alam. Kebakaran hutan akibat intervensi manusia (pembakaran hutan) muncul karena adanya penyebab tindakan ilegal situasional yang meliputi: cara-cara, dorongan motivasi, dan peluang. Beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak kebakaran diantaranya adalah: penerapan sistem pembakaran terencana (prescribed burning), mengurangi intensitas pembakaran yang terlalu sering, mengadakan sistem peringatan dini (early warning system), pembukaan lahan dengan teknik tanpa bakar (slash and mulch), perubahan pola pandang tentang api. Selain itu pengelolaan hutan yang berlandaskan ekologi dan diarahkan untuk menekan potensi penyebab-penyebab kebakaran harus diterapkan sejak awal. Untuk menjamin keberhasilan, manajemen yang adaptif (adaptive management) perlu dimasukkan dalam perencanaan pengelolaan hutan.
Abstract (English) :
-
Media Publikasi :
Prosiding seminar hasil-hasil penelitian: “Peran IPTEK dalam mendukung pembangunan hutan tanaman rakyat”. Palembang, 2 Desember 2009
Penulis :
Agung Wahyu Nugroho, S. Hut., M.Sc.
Ukuran Berkas :
125.6 KB

Sebelum mengunduh file, silahkan mengisi formulir dibawah ini terlebih dahulu untuk keperluan dokumentasi. File tidak bisa diunduh dengan menggunakan Akselerator (IDM, FDM, DAP, dll). File hanya bisa diunduh dengan pengunduh bawaan dari browser. Apabila tidak bisa mengunduh silahkan email ke bpt.kpdas@gmail.com .









« kembali

Arsip Penelitian