Publikasi Penelitian

Persepsi dan Adopsi Masyarakat Terhadap Plot Agroforestry Untuk Konservasi Sumberdaya Alam Dan Lingkungan Di Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati


Abstrak (Indonesia):
Pembangunan plot contoh agroforestri dan konservasi tanah air ditujukan untuk mempercepat implementasi konservasi tanah dan air untuk mengurangi erosi sedimentasi, tanah longsor dan kekritisan lahan yang membuat pembangunan tidak berkelanjutan. Namun banyak studi menunjukkan bahwa setelah program berakhir maka sangat sedikit yang mengadopsi teknik konservasi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi dan adopsi masyarakat terhadap plot agroforestri untuk konservasi sumberdaya alam dan lingkungan. Penelitian dilakukan di Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survey dan wawancara mendalam terhadap 13 responden di lokasi kajian. Analisis data dilakukan secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap awal sosialisasi masyarakat sangat antusias terhadap plot agroforestri yang dikembangkan karena adanya bantuan dan insentif yang diberikan untuk pembangunan plot contoh agroforestri. Persepsi masyarakat juga cukup positif yang ditunjukkan dengan dipeliharanya plot contoh oleh para pemilik lahan. Dengan berjalannya waktu maka persepsi masyarakat akan plot contoh dan kemauan adopsinya tergantung pada manfaat apa yang dapat petani peroleh, dampak ekonomi terutama dalam jangka pendek, pilihanpilihan peluang ekonomi yang tersedia dibandingkan dengan plot agroforestri. Implikasi kebijakan yang dapat diambil adalah perlunya mempertimbangkan pilihan komoditi agroforestri dengan kepentingan petani untuk memenuhi kebutuhan ekonomi petani dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Pilihan strata tajuk bertingkat dengan potensi ekonomi yang dapat memenuhi kebutuhan petani memiliki peluang diadopsi lebih besar dibandingkan dengan plot yang hanya mempertimbangkan kepentingan pengendalian erosi dan tanaman pohon dalam jangka panjang.
Abstract (English) :
-
Media Publikasi :
Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 2013
Penulis :
C. Yudilastiantoro, Ir., MP., S. Andy Cahyono, Dr., SP., M.Si.
Ukuran Berkas :
956.4 KB

Sebelum mengunduh file, silahkan mengisi formulir dibawah ini terlebih dahulu untuk keperluan dokumentasi. File tidak bisa diunduh dengan menggunakan Akselerator (IDM, FDM, DAP, dll). File hanya bisa diunduh dengan pengunduh bawaan dari browser. Apabila tidak bisa mengunduh silahkan email ke bpt.kpdas@gmail.com .









« kembali

Arsip Penelitian