Publikasi Penelitian

Aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk Penilaian Tingkat Kerentanan Lahan Terhadap Degradasi di Daerah Aliran Sungai Musi


Abstrak (Indonesia):
Penilaian kerentanan lahan diperlukan sebagai dasar dalam perencanaan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS). Informasi tingkat kerentanan lahan dapat memberikan tingkat kerusakan lahan yang sangat berguna dalam perencanaan pengeloalaan DAS. Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan penginderaan jauh dalam penilaian kerentaan lahan tidak saja memberikan informasi tingkat kerusakan lahan, namun juga memberikan informasi spasial yang sangat berguna untuk penyelarasan perencanaan pengelolaan DAS dan Rencana Tata Ruang Wilayah. Untuk itu telah dilakukan studi pemanfaatan SIG di DAS Must yang wilayahnya meliputi sebagian Propinsi Lampung, Bengkulu, Jambi, dan wilayah terbesar di Propinsi Sumatera Selatan. Untuk menilai tingkat kerentanan lahan terhadap degradasi didasarkan kepada sistem tipologi lahan, yang merupakan interaksi antara penutupan dan sistem lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua Sub-DAS di DAS Musi mempunyai tingkat kerentanan lahan sedang dengan skor dari 2,61 (Sub DAS Semagus) sampai 3,43 (yang hampir termasuk kategori dengan tingkat kerentanan tinggi) di Sub DAS Musi Hulu. Untuk Sub-DAS Deras dan Baung termasuk kategori agak rentan dengan skor masing-masing 2,32 dan 2,52.
Abstract (English) :
-
Media Publikasi :
Prosiding Seminar Nasional Pendayagunaan Informasi Geospatial untuk Optimalisasi Otonomi Daerah
Penulis :
Tyas Mutiara Basuki, Dr., Ir., M.Sc., Ragil Bambang WMP
Ukuran Berkas :
1.1 MB

Sebelum mengunduh file, silahkan mengisi formulir dibawah ini terlebih dahulu untuk keperluan dokumentasi. File tidak bisa diunduh dengan menggunakan Akselerator (IDM, FDM, DAP, dll). File hanya bisa diunduh dengan pengunduh bawaan dari browser. Apabila tidak bisa mengunduh silahkan email ke bpt.kpdas@gmail.com .









« kembali

Arsip Penelitian