Publikasi Penelitian

Cemara Laut Mengubah Lahan Marginal Menjadi Lahan Potensial


Abstrak (Indonesia):
Buku ini merupakan buah kerja penelitian sekaligus pengalaman lapang. Mulanya adalah hamparan pasir panas nan gersang di sepanjang pantai selatan Kebumen. Melalui perencanaan dan metoda yang baik, pantai itu perlahan berhias sabuk cemara hijau. Perubahan paras pantai ini tidak saja menjadikan cemara laut (Casuarina equisetifolia) yang ditanam berfungsi sebagai peredam gelombang angin, tapi lahan belakang tegakan cemara ke arah daratan juga menggeliat menjadi lahan yang perlahan bisa dimanfaatkan untuk tanaman pertanian. Kerasnya ekosistem pantai yang bersifat transboundary area daratan dan lautan, mulai ramah dengan hadirnya sabuk hijau cemara.
Abstract (English) :
Media Publikasi :
Buku Cemara Laut Mengubah Lahan Marginal Menjadi Lahan Potensial
Penulis :
Beny Harjadi, Ir., M.Sc., Agung Wahyu Nugroho, S. Hut., M.Sc., Arina Miardini, S.Hut., M. Sc, Susi Abdiyani, S.Hut.,M.Sc., M.Env.Mgmt
Ukuran Berkas :
2.8 MB

Sebelum mengunduh file, silahkan mengisi formulir dibawah ini terlebih dahulu untuk keperluan dokumentasi. File tidak bisa diunduh dengan menggunakan Akselerator (IDM, FDM, DAP, dll). File hanya bisa diunduh dengan pengunduh bawaan dari browser. Apabila tidak bisa mengunduh silahkan email ke bpt.kpdas@gmail.com .









« kembali

Arsip Penelitian