Publikasi Penelitian

Pola Hujan Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah (Studi Kasus : Sub DAS Cemoro dan Modang)


Abstrak (Indonesia):

Sebagai bagian dari siklus hidrologi, curah hujan sangat penting untuk dipelajari karena sifatnya yang sangat variatif baik secara temporal maupun spasial. Pola curah hujan dapat digunakan sebagai dasar identifikasi perubahan iklim. Dalam lingkup pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), variasi hujan akan mempengaruhi respon hidrologi suatu DAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola hujan di Sub DAS Cemoro dan Modang, Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah. Kedua wilayah tersebut merupakan Sub DAS dengan penutupan hutan jati. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hujan dari beberapa stasiun pengamatan curah hujan tahun 2001-2017, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dalam kurun waktu 17 tahun pengamatan, diketahui bahwa curah hujan tahunan antara Sub DAS Cemoro dan Modang hampir sama. Curah hujan bulanan menunjukkan peningkatan sejak Bulan September dan mulai menurun pada Bulan April. Bulan kering berlangsung selama 6 bulan, sedangkan bulan basah terjadi selama 4 bulan. Berdasarkan klasifikasi Oldeman, lokasi penelitian berada dalam zona iklim D3. Tren curah hujan tahunan di kedua Sub DAS mengalami penurunan sejak 2001 dan sedikit terjadi kenaikan pada 2013 hingga 2017. Untuk menjaga keseimbangan tata air, keberadaan hutan di lokasi penelitian perlu dipertahankan untuk mendukung kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Kata kunci: Curah hujan, Cemoro, Modang, Iklim

Abstract (English) :
Media Publikasi :
Prosiding Dies Natalis UNS Ke-42 Fakultas Pertanian"
Penulis :
Diah Auliyani, S.Hut., M.Si., Tyas Mutiara Basuki, Dr., Ir., M.Sc., Rahardyan Nugroho Adi, Drs., M.Sc., Edi Sulasmiko, Latif Brahmantya
Ukuran Berkas :
3.8 MB

Sebelum mengunduh file, silahkan mengisi formulir dibawah ini terlebih dahulu untuk keperluan dokumentasi. File tidak bisa diunduh dengan menggunakan Akselerator (IDM, FDM, DAP, dll). File hanya bisa diunduh dengan pengunduh bawaan dari browser. Apabila tidak bisa mengunduh silahkan email ke bpt.kpdas@gmail.com .









« kembali

Arsip Penelitian