Publikasi Penelitian

Restorasi Sempadan Sungai P5 Melalui Jenis Tanaman Lokal (Studi Kasus: Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan)


Abstrak (Indonesia):

Sungai merupakan salah satu komponen ekosistem perairan darat yang mempunyai peranan penting bagi makhluk hidup. Dalam perkembangannya, sungai terus mengalami penurunan kualitas dan kuantitas yang disebabkan oleh peristiwa alam maupun aktivitas manusia. Dalam upaya perbaikannya perlu dilakukan berbagai macam usaha, diantaranya: pemantauan kualitas dan kuantitas air sungai, perbaikan sempadan sungai baik secara sipil maupun vegetasi. Sungai P5 merupakan salah satu sungai yang mengalami perubahan ekosistem dari vegetasi alami menjadi padang ilalang. Hal ini disebabkan adanya aktivitas masyarakat yang melakukan penebangan tanpa memperhatikan keberlanjutan ekosistem. PT PERSADA DINAMIKA LESTARI (PDL)selaku pemegang Hak Guna Usaha bersama masyarakat berkomitmen untuk mengembalikan fungsi sungai melalui perbaikan sempadan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan jenis tanaman lokal yang pernah ada. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mengembalikan fungsi sempadan sebagai jalur satwa (green belt), sekat bakar maupun menghadirkan kembali biota air. Metode menggunakan teknik vegetatif dengan memanfaatkan tanaman lokal. Pola penanamannya mengikuti kanan kiri sungai dengan lebar sempadan bervariasi antara 5-7 meter. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tahun 2012 hingga 2016 yang mengacu pada Peraturan Pemerintah No 38 Tentang Sungai. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa jenis tanaman lokal, seperti: Meranti Rawa (Shorea Balangeran) dan Galam (Melaleuca leucadendra)memiliki kemampuan tumbuh yang baik terutama pada ekosistem gambut dan memberikan kontribusi terhadap perbaikan ekosistem sempadan. Pemilihan jenis tanaman dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan sistem pemeliharaan secara kontinyu menentukan keberhasilan kegiatan restorasi.

Kata kunci: restorasi, sempadan sungai, vegetasi, jenis lokal

Abstract (English) :
Media Publikasi :
Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS Ke-9 2018
Penulis :
Alvian Febry Anggarna, S.Hut.
Ukuran Berkas :
1.6 MB

Sebelum mengunduh file, silahkan mengisi formulir dibawah ini terlebih dahulu untuk keperluan dokumentasi. File tidak bisa diunduh dengan menggunakan Akselerator (IDM, FDM, DAP, dll). File hanya bisa diunduh dengan pengunduh bawaan dari browser. Apabila tidak bisa mengunduh silahkan email ke bpt.kpdas@gmail.com .









« kembali

Arsip Penelitian